Beranda Mancanegara Menyusul Vietnam, Selandia Baru Akhiri Lockdown Dengan Kemenangan, Indonesia Kapan…???

Menyusul Vietnam, Selandia Baru Akhiri Lockdown Dengan Kemenangan, Indonesia Kapan…???

0
Wellington, dMagek.ID,– Lockdown di Selandia Baru dilonggarkan pada Senin (27/4) tengah malam kemarin. Bisnis-bisnis pun mulai beroperasi dan konsumen merayakannya dengan menyerbu restoran favorit mereka, meski masih drive-thru..
 
Dilaporkan NZ Herald, Selasa (28/4/2020), total lockdown di Selandia Baru hampir selama 5 minggu. Tingkat alert kini turun dari Level 4 menjadi Level 3.
Pada level 3 in tutupi, restoran sudah mulai buka, tetapi tempat seperti bioskop, perpustakaan, dan museum harus tetap.
 
Selandia Baru mulai mengakhiri lockdown yang telah berjalan sejak awal Maret lalu. Penyebaran Virus Corona (COVID-19) berhasil ditekan dan korban jiwa hanya 1 persen. 
Mengukit laman Lipitan6.com Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern berkata pemerintahannya sejauh ini dapat mengatasi Virus Corona. Ia mengapresiasi kepatuhan masyarakat mengikuti panduan pemerintah.
“Kepatuhan Selandia Baru telah luar biasa, juga ketika dibandingkan dengan negara-negara lain, meski level lockdown turun, tetapi kehidupan sosial masyarakat belum bisa kembali seperti biasa.
Kami membuka kembali ekonomi, belum membuka kehidupan sosial orang-orang,” jelasnya.
Berdasarkan data Worldometer, total kasus Virus Corona di Selandia Baru mencapai 1.469 dan pasien meninggal 19 orang. Ini berarti persentase kematian di Selandia Baru hanya 1,2 persen, jauh di bawah persentase dunia yakni 6,9 persen, atau Indonesia yang 8,4 persen.
Sistem alert Selandia Baru memiliki 4 level. Level tertinggi (4) berarti lockdown. Level 3 merupakan pembatasan yang akan berlangsung hingga 2 minggu ke depan.
.
Bila level 3 berhasil dengan baik, pemerintah Selandia Baru akan melihat kemungkinan turun ke level 2 yang dapat membuka tempat-tempat publik dan membolehkan kumpul-kumpul hingga 100 orang di dalam ruangan dan 500 orang di luar ruangan.***red

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here