Beranda Istana Peringati Hari lahirnya Pancasila di Tengah Masa pandemi Covid-19

Peringati Hari lahirnya Pancasila di Tengah Masa pandemi Covid-19

0

Jakarta,dMagek.ID,– Peringatan hari lahir Pancasila kali ini diselenggarakan melalui daring mengangkat tema, “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju,” menjadi sangat relevan dengan situasi dan kondisi bangsa Indonesia di tengah pandemi Covid-19, Senin (1/6/20).

Baca juga : /ini-pidato-singkat-presiden-jokowi-dalam-peringatan-hari-kelahiran-pancasila/

Peringatan hari lahirnya Pancasila ini diikuti oleh seluruh jajaran kabinet Indonesia Maju dari rumah masing-masing, termasuk Sekretaris Kabinet (Seskab), Pramono Anung.

Acara peringatan hari lahir Pancasila tahun ini  yang digelar melalui telekonferensi, selain diikuti oleh seluruh jajaran Kabinet juga dihadiri oleh para pimpinan lembaga negara, pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian, perwakilan negara Republik Indonesia di luar negeri, dan sejumlah kepala daerah.

Baca juga : /pancasila-bukan-ciptaan-bung-karno/

Urutan acara dalam peringatan kali ini yakni dimulai lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kemudian, dilanjutkan pembacaan Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua DPR Puan Maharani. Selanjutnya, amanat Presiden dan diakhiri dengan doa oleh Menko PMK Muhadjir Effendy.

Sebagaimana informasi, tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila karena pada tanggal tersebut Proklamator sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia (RI), Soekarno, berpidato di depan sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Untuk itu, Presiden Joko Widodo pada tanggal 1 Juni 2016 telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Baca juga : /penata-musik-film-terbaik-dan-ciptakan-lagu-wajib-garuda-pancasila-namun-dipenjara-rezim-orde-baru/

Dasar pertimbangan dalam Keppres tersebut, Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara Republik Indonesia harus diketahui asal usulnya oleh bangsa Indonesia dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi, sehingga kelestarian dan kelanggengan Pancasila senantiasa diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dengan penetapan Keppres tersebut, sejak tahun 2017, tanggal 1 Juni selalu diperingati sebagai hari lahir Pancasila dan ditetapkan sebagai hari libur nasional.***Seskab.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here