Beranda Nasional BNPB: Sepanjang Januari-Juni Ada Penurunan Bencana Dibanding Tahun lalu

BNPB: Sepanjang Januari-Juni Ada Penurunan Bencana Dibanding Tahun lalu

0

JAKARTA,dMagek.ID,-BNPB mencatat 1.549 kejadian bencana alam terjadi hingga akhir Juni 2020. Dari total kejadian bencana, bencana hidrometeorologi masih dominan terjadi sepanjang enam bulan terakhir.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menganalisis jumlah kejadian bencana tahun ini lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya, 2019. Perhitungan dari awal Januari 2019 hingga 29 Juni 2019, jumlah kejadian bencana mencapai 2.229 kali, sedangkan pada tahun ini 1.549. Ini berarti mengalami penurunan kejadian sekitar 30,5 persen.

Tingginya jumlah kejadian bencana alam di tanah air menuntut kewaspadaan dan kesiap-siagaan semua pihak. Hingga akhir bulan ini, kejadian banjir masih terjadi di beberapa wilayah seperti di wilayah Sulawesi dan Kalimantan. Di sisi lain, BNPB mengimbau semua pihak untuk melakukan upaya kesiapsiagaan dan pencegahan menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan.

Masyarakat juga diimbau untuk selalu waspada dan siaga terhadap potensi ancaman yang tidak mengenal perubahan iklim dan cuaca serta dapat terjadi setiap saat, seperti gempa bumi, tsunami dan erupsi gunung api.

Di tengah pandemi COVID-19 yang masih terjadi penularan, tantangan masyarakat menjadi bertambah. Contonya, kejadian bencana yang terjadi di wilayah dengan kasus positif tinggi. Ini membutuhkan kesiapsiagaan ekstra dan antisipasi semua pihak di daerah sehingga potensi tertular pada saat melakukan respon darurat dapat dihindarkan.***(BNPB.go.id/Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here