Beranda Healty Direktur Mitigasi BNPB Sambangi Lapas Kelas 1 Makasar dan Sejumlah RSUD

Direktur Mitigasi BNPB Sambangi Lapas Kelas 1 Makasar dan Sejumlah RSUD

0

MAKASAR,dMagek.ID,-Penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 masih terjadi di Indonesia. Kasus terkonfirmasi positif COVID-19 yang kian meningkat membutuhkan kerja sama dan kedisiplinan semua pihak dalam melaksanakan protokol kesehatan untuk menekan potensi penularan.

Direktur Mitigasi Bencana Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Johny Sumbung menekankan bahwa penerapan protokol kesehatan harus dilakukan dimana dan siapa saja.

“Protokol kesehatan sangat penting dilakukan untuk upaya pencegahan COVID-19 dengan menerapkan social distancing, penggunaan masker setiap hari dan harus diganti, jaga jarak, cuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, pemeriksaan kesehatan setiap hari kepada pegawai, petugas dan warga binaan,” tegas Johny dalam kunjungannya ke Lapas Kelas 1 Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (8/7/20).

Johny juga menjelaskan jika terjadi indikasi positif dari hasil pemeriksaan kesehatan melalui rapid test, pihak lapas diharapkan segera ditindaklanjuti dan melaporkan ke Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Makassar.

Selain Lapas, Johny juga meninjau  sejumlah rumah sakit (RS) yang merawat pasien COVID-19, salah satunya RS Khusus Daerah Dadi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. RS ini masih merawat beberapa pasien COVID-19 hingga saat ini.

RS Khusus Daerah (RSKD) Dadi kini menangani pasien hingga 200 orang, sedangkan pasien COVID-19 yang diisolasi di RS mencapai 194 orang. Dua puluh di antaranya pasien Covid tersebut ibu hamil. Menurut Plt. Direktur RSKD Dadi dr. Amran Bausat, mereka diisolasi dalam suatu gedung khusus sehingga tidak dapat berinteraksi dengan orang luar. RSKD Dadi sendiri memiliki daya tampung sebanyak 750 pasien.

Ia menambahkan, satu kamar terisi enam orang. Semua pasien yang diisolasi sudah dilakukan tes swab atau PCR dan bukan rapid test. Penggunaan swab bertujuan untuk mendapatkan keakuratan hasil tes.

Saat berkunjung ke RSKD Dadi, Direktur Mitigasi Bencana BNPB Johny Sumbung mengapresiasi dukungan RSKD Dadi untuk penanganan COVID-19 di wilayah Sulawesi Selatan.  Pada kesempatan itu, ia menyampaikan, untuk penanganan COVID-19 yang terpenting adalah menjalankan protokol kesehatan.***(BNPB.go.id/Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here