Beranda Nusantara Indikasi Dugaan Ilegal Mining di Perkebunan PT. AWB, Ini Tanggapan Komisi ll

Indikasi Dugaan Ilegal Mining di Perkebunan PT. AWB, Ini Tanggapan Komisi ll

0

DHARMASRAYA,dMagek.ID, Terkait dugaan illegal mining dalam lahan perkebunan PT AWB di kabupaten dharmasraya,  dengan dalih proyek pengerasan jalan perkebunan langsung direspon oleh Defrino Anwar dan Sutan Alif anggota komisi ll DPRD setempat, senin (24/8/20).

Komisi II DPRD Dharmasraya mendatangi PT AWB melakukan sidak atas pemberitaan media massa tentang adanya indikasi Ilegal mining galian C diperusahaan perkebunan sawit tersebut.

“kami sudah mendatangi PT AWB untuk melihat langsung aktifitas penambangan dan konfirmasi dengan pihak perusahaan (direktur PT.AWB). berdasarkan informasi yang kami terima dari masyarakat dan pemberitaan media”.

“Namun di lokasi  saat kami datangi barang bukti  seperti eskavator sudah dievakuasi dan bekas penambangan sudah ditutup dan diratakan kembali, pihak perusahaan yang ditemui menjelaskan kepada kami kalau aktifitas tersebut bukan penambangan tapi pengerasan jalan dan pembuatan embung”. Ujar Defrino Anwar kepada dMagek.ID.

Sutan Alif berterima kasih kepada masyarakat dan media yang sudah melaporkan kasus ini serta ikut mengawasi adanya dugaan penambangan liar di dalam lingkungan perusahaan.

Ada Dugaan PT. AWB Lakukan Ilegal Mining di Dharmasraya

“Terima kasih kepada kawan-kawan wartawan dan masyarakat yang sudah melaporkan kepada kami adanya dugaan ilegal mining di dalam area perkebunan milik PT.AWB, dan Barang bukti photo-photo aktifitas penambangan ini kami jadikan bahan untuk memanggil pihak perusahaan dan koodinasikan dengan pihak eksekutif serta kepolisian”. Terang Sutan Alif.

Mereka menjelaskan, mengenai perizinan galian C di PT AWB kalau memang mempunyai izin tentu tidak akan meresahkan masyarakat juga tidak mungkin diberitakan oleh media. Lalu kami sesuai fungsi anggota dewan kami sudah melakukan pengawasan dan melihat langsung ke lokasi.

“Kalau nantinya ditemukan adanya penambangan pada area perusahaan, dipastikan aktifitas tersebut ilegal, sebab PT. AWB dalam perijinan yang mereka kantongi adalah untuk perkebunan bukan penambangan galian C, kami akan peringatkan mereka untuk segera menghentikan penambangan dan kami juga akan meminta pihak kepolisian untuk memproses sesuai hukum yang berlaku” jelas kader PDIP itu.

Ditambahkan Defrino, Untuk tahap awal ini Komisi ll DPRD Dharmasaraya memberikan dua rekomendasi kepada PT. Andalas Wahana Berjaya (AWB). Pertama menghentikan proses ilegal mining yang dilakukan oleh PT AWB dengan alasan pengerasan jalan dan pembuatan embung. Kedua, meminta rekanan yang bekerja di dalam itu tidak boleh mengambil hasil dari galian tersebut.

Sementara itu Naldi, Pelaksana tugas Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, mengatakan untuk perizinan galian C hanya dimiliki oleh saudara Aprison yang berlokasi di Sei Dareh.

“Ya Cuma hanya satu orang yang memiliki ijin galian C di kabupaten Dharmasraya, dan perijinan galian C ini dikeluarkan oleh propinsi, setelah perijinan di propinsi keluar langsung ditembuskan kepada kami di kabuapaten” terang naldi. ***(Andika/TIM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here