Beranda Pangana Kebanggaan Rang Agam dalam Pilgub Sumbar Jangan Sampai Memicu Perpecahan Antar Sesama...

Kebanggaan Rang Agam dalam Pilgub Sumbar Jangan Sampai Memicu Perpecahan Antar Sesama Warganya

2
Kantor gubernur Sumatra Barat

Oleh : Kasra Scorpi

Setiap kelompok masyarakat memiliki kebanggaan terhadap kebudayaan maupun terhadap keberhasilan warganya yang meraih prestasi dan akan mempertahankan serta akan memperjuangkan kebanggaan tersebut. Dalam pepatah Minang disebut, “tagak suku paga suku, tagak nagari paga nagari, tagak bangso paga bangso”.

Dalam hal ini, dikaitkan dengan kompetisi pemilihan gubernur Sumbar 2020, masyarakat luak Agam boleh memiliki kebanggaan tersendiri karena 4 orang tokoh mereka terpilih sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar. Mereka adalah, calon gubernur Fakhrizal berpasangan dengan Genius Umar, Mahyeldi Ansyarullah berpasangan dengan Audy Joinaldy, Mulyadi berpasangan dengan Ali Mukhni dan calon wakil gubernur Indra Catri berpasangan dengan Nasrul Abit.

Dengan kondisi begini, tokoh dari Agam dipastikan akan berkantor di kantor gubernur Sumbar menggantikan Gubernur Irwan Prayitno. Kalau tidak sebagai gubernur sebagai wakil gubernur.

Tokoh dari Agam itu sama-sama memiliki jejak keberhasilan tersendiri dan sama-sama berpengalaman di berbagai bidang yang digelutinya.

Fakhrizal asal Kampuang Budi Pakan Sinayan nagari Kamang Mudiak Kec. Kamang Magek merupakan perwira tinggi polisi berpangkat Irjenpol, pernah bertugas di berbagai daerah dan mantan Kapolda Sumbar. Mulyadi adalah politisi senior dari Partai Demokrat dan anggota DPR RI 3 priode. Mahyeldi seorang politisi PKS yang saat ini menjadi wali kota Padang dua priode dan seorang ulama dengan sebutan buya, sementara Indra Catri adalah pamong senior, pernah menjabat di berbagai lembaga Pemko Padang dan bupati Agam dua priode.

Baca juga : Kakek Politisi PDIP Arteria Dahlan Pendiri PKI, Ini Penjelasan Hasril Chaniago

Kemampuan calon-calon tersebut tidak diragukan lagi dan mereka sama-sama memiliki kelebihan masing-masing.

Para calon kepala daerah Sumbar itu juga berasal dari daerah berdekatan di wilayah Agam bagian Timur. Seperti Fakhrizal berasal dari Kamang Magek, Mahyeldi dari Gadut yang juga masih daerah Kamang, Mulyadi dari Bukittinggi koto rang Agam dan Indra Catri dari Baso.

Masyarakat dari wilayah Agam bagian Timur itu “badunsanak” sering bersentuhan dalam kehidupan sehari-hari, sama-sama sering ke kota rang Agam Bukittinggi terutama ketika hari pasarnya Sabtu dan Rabu. Dan lagi, Banyak diantaranya yang sumando basumando, baipa babisan, babako baanak pisang, sasuku babalahan. Sangat tepatlah kalau pemilihan gubernur Sumbar kali ini dikatakan sebagai pemilihan badunsanak bagi masyarakat Agam.

Walaupun badunsanak, secara personal setiap warga memiliki calon sendiri yang akan didukung dan dipilih sesuai selera masing-masing. Oleh karena itu pula mereka akan turut membanggakan, menkampanyekan calon yang didukung secara langsung maupun tidak langsung.

Baca juga : Akhirnya Serikat Pekerja Sejahtera PT. GTRI Seret Manajemen PT. GTRI ke Meja Tripartit

Namun dalam mendukung dan mengkampanyekan atau mensosialisasikan calon masing-masing, masyarakat Agam janganlah sampai singgung menyinnggung, apalagi saling menghina, memfinah, memburuk-memburukan antar sesama. Tidak perlu dimunculkan persaingan panas seperti yang terjadi antar kelompok “cebong-kampret” dalam pemilihan presiden tahun lalu.

Dalam mensosialisasikan dan mengkampanyekan tokoh idola yang ikut kompetisi politik, sekarang masyarakat memiliki banyak forum yang dapat digunakan, mulai dari forum cerita lapau, debat televisi, maupun debat di media sosial.

Biasanya yang seru dan panas debat di media sosial, namun debat di media sosial sering melenceng ke hal-hal negatif, saling menghujat dan fitnah sehingga sering pula berujuang ke ranah hukum, saling lapor melaporkan. Hal itu jangan terjadi dalam Pilgub Sumbar Badunsanak.

Perterang saja lampu awak jangan memudurkan lampu orang!

Penulis adalah Pemimpin Redaksi dMagek.ID

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here