Beranda Pangana Akankah Gubernur Sumbar dari Polisi Yang Lahir di Kaki Bukit Lagi ?

Akankah Gubernur Sumbar dari Polisi Yang Lahir di Kaki Bukit Lagi ?

4
Irjenpol Fahkrizal bersama anak menantu dan cucu (foto istimewa)

Oleh : Kasra Scorpi

Akankah Gubernur Sumbar pengganti Irwan Prayitno dari polisi lagi? Pertanyaan ini menarik saat proses tahapan Pilkada Sumbar yang cukup menghebohkan publik,  karena gubernur Sumbar pertama (1958-1965) berasal dari polisi yakni Kombespol Kaharudin Datuak Rangkayo Basa dan sekarang  salah seorang calon gubernur Sumbar juga  dari polisi yaitu Irjenpol Fakhrizal. Mereka sama-sama memiliki banyak persamaan.

Kedua polisi ini sama-sama berasal dari kampung  di kaki Bukit pada ranah luak Agam dan sama-sama memiliki banyak pengalaman.

Kaharuddin Datuak Rangkayo Basa berasal dari Bayur Maninjau Kabupaten Agam, Sumbar, lahir 17 Januari 1906, meninggal di Padang 1 April 1981 pada umur 75 tahun. 

Pengalaman Kaharudin mulai dari zaman Belanda sampai zaman Indonesia merdeka “segerobak tulak”. Diantaranya, baru saja menyelesaikan pendidikan di OSVIA, langsung diangkat menjadi GAIB (Gediplomesche Ambtnenaar Inlandsche Bestuur).

Setelah Proklamasi, Kaharudin bersama perwira polisi senior seperti Raden Suleman, Sulaiman Effendi dan Ahmadin Dt. Berbangsa mengambil alih semua kantor polisi dari Jepang. Lalu mendirikan Kepolisian RI di Sumatra Barat, awal tahun 1946 dengan markas Istimewa bertempat dibekas Sekolah Raja, dekat Kantor Polres Bukittinggi sekarang.

Kombespol Kaharudin Datuak Rangkayo Basa

Setelah provinsi Sumatera Tengah dimekarkan berdasarkan Undang-undang Darurat Republik Indonesia nomor 19 tahun 1957, Kaharudin diangkat jadi Gubernur Sumbar pertama(17 Mei 1958 – 5 Juli 1965).

Sementara Irjen. Pol. Drs. H. Fakhrizal, M.Hum lahir 26 April 1963 berasal dari Pakan Sinayan, Kamang Mudiak, kecamatan Kamang Magek, kabupaten Agam. Bapaknya Sabri, anggota TNI AD dengan pangkat terakhir Pembantu Letnan Satu (Peltu). Sabri bertugas sebagai Pembina Rohani Islam (Rohis) di Dodiklat DAM 3 17 Agustus. Ibunya bernama Asni.

Pengalaman kedinasan Fakhrizal “berjibun” juga, antara lain Selepas menuntut ilmu di SMA Negeri 2 Padang tes Akabri, sekali tes lulus dan dinyatakan bergabung dengan korps kepolisian, bukan tentara seperti bapaknya. 

Lepas pendidikan pada tahun 1986 Ia ditempatkan di Polda Metro Jaya, sebagai Wapamapta Res Metro Jaksel, Polda Metro Jaya. Di awal-awal berdinas, Fakhrizal berputar-putar di Polda Metro Jaya saja.

Kemudin berpindah-pindah jabatan pada berbagai daerah di Indonesia.

Dikutip dari Wikipedia, Riwayat jabatan Fakhrizal, 1986 Wapamapta Res Metro Jaksel Polda Metro Jaya, 1987 Paur Minik Serse Res Jaksel Polda Metro Jaya, 1989  Kanit Resintel Res Metro Pasar Minggu Polda Metro Jaya, 1990 Kanit Res Intel Metro Kebayoran Baru Polda Metro Jaya, 1994 Kapolsek Khusus Buala Polres Badung Polda Nusra, 1995 Kapolsekta Denpasar Polres Badung Polda Nusra, 01–04–1997 Waka Polres Buleleng Polda Bali, 01–03–2000 Kabag Pammasbang Dit Intelpam Polda Bali, 01–09–2000 Pamen Sespim Polri, 23–05–2001 Kabag Serse Ek Dit Serse Polda Jateng

Pada 27–02–2003  Kapolres Jepara Polwil Pati Polda Jateng, 02–01–2006 Wadir Intelkam Polda Metro Jaya, 09–02–2007 Kaden D.1 Dit D Baintelkam Polri, 16–03–2008 Dir Intelkam Polda Jambi, 05–08–2010: Pamen Sde Sdm Polri (dlm rangka dik sespati), 30–12–2010 Analis Kebijakan Madya Bidang Paminal Divpropam Polri, 01–04–2011 Kabagdumas Rorenmin Itwasum Polri, 19–10–2011 Sesropaminal Divpropam Polri, 31–10–2013: Karopaminal Divpropam Polri, 05–06–2015 Kapolda Kalteng, 22–12–2016 Kapolda Sumbar dan terakhir 06–12–2019 Analis Kebijakan Utama bidang Sabhara Baharkam Polri.

Fakhrizal menikah dengan Ade Fakhrizal pada bulan Juni 1988 dengan seorang peragawati muda yang mewakili Sumbar ke ajang Putri Indonesia di Jakarta .

Fakhrizal dikaruniai empat anak. Si sulung, Alfano Ramadhan mengikuti jejaknya sebagai polisi, tiga lainnya perempuan. Julia Nofadini dan Julia Nofadina kembar, sedangkan si bungsu diberi nama Syarfina.

Polisi ini memiliki hobi sepak bola dan pernah ikut seleksi skuat PSP Padang junior, klub sepak bola yang cukup kenamaan di Sumatra Barat.

Sebagai tokoh urang awak, polisi berbodi bedegap ini cukup mendapat respon positif dan apresiasi dari publik Sumbar. Ini dibuktikan dengan ramainya ucapan selamat  terhadap Fakhrizal pada saat serah terima jabatan Kapolda Sumbar pada 17 Desember 2019. Ratusan karangan bunga dengan ucapan selamat dan terima kasih terhadap Fakhrizal dijejer di Mapolda Sumbar,selain itu ribuan masyarakat biasa juga hadir melepas Irjenpol ini yang pindah tugas ke Mabes Polri di Jakarta.

Sementara ulama Sumatra Barat Buya Mos’oed Abidin memberikan apresiasi terhadap Fakhrizal yang anak mantan Pembina Rohani Islam (Rohis) di Dodiklat DAM 3 17 Agustus.

Seperti dikutip dari media Mimbar Sumbar terbitan 21 Desembes 2019, “Suasana mengharu-biru melepas Irjen Pol Fakhrizal bertugas di Mabes Polri adalah wajar. Karena Fakhrizal dikenal sangat dekat dengan masyarakat, terutama di kalangan bawah,” ujar Ulama Panutan Sumatera Barat Buya Mos’oed Abidin.

“Sosok Fakhrizal seperti Kaharudin Datuk Rangkayo Basa. Beliau adalah polisi pertama yang diangkat menjadi gubenur Sumatera Barat dan dikenal sangat dekat dengan masyarakat, tiga tahun belakangan Fakhrizal juga demikian, jadi wajar pisah sambut sampai melepas di BIM ramai dalam suasana keharuan,” ujar Buya Mas’oed lagi.

Namun untuk menduduki kursi gubernur Sumbar seperti harapan masyarakat pendukungnya Fakhrizal yang berpasangan dengan Genius Umar harus memenangkan kompetisi Pilkada Sumbar Desember 2020 dengan 3 pasangan pesaing yakni Mulyadi-Ali Mukhni, Mahyeldi Ansyarullah-Audy Joinaldy dan pasangan Nasrul Abit-Indra Catri.***

Penulis adalah Pemimpin Redaksi dMagek.ID

4 KOMENTAR

  1. Alhamdulillah semoga sukses selalu buat Bapak Fahrizal dan Genius karena Pasang ini berdisiplin tinggi dan selama ini memimpin dengan pengalaman yang mumpuni tidaklah diragukan lagi sebagai calon gubernur dan wakil gubernur kami doakan semoga sukses dalam berkompetisi pada tanggal 9 Desember 2020 nanti Amin YRA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here