Beranda Nusantara Terapkan Prokes, Pilgub Sumbar di Kota Sawahlunto Berjalan Aman dan Lancar

Terapkan Prokes, Pilgub Sumbar di Kota Sawahlunto Berjalan Aman dan Lancar

0

SAWAHLUNTO d’Magek.ID,- Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk memilih Gubernur – Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat di Kota Sawahlunto pada Rabu 09 Desember 2020 tadi berlangsung lancar meski dalam penyelenggaraan proses pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan menerapkan standar protokol kesehatan yang berlaku dalam masa pandemi Covid – 19 sekarang ini.

Walikota Sawahlunto Deri Asta yang meninjau 8 titik TPS di Kota Sawahlunto bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kambtibmas), menyampaikan pelaksanaan pemungutan suara terpantau tidak ada hambatan yang berarti. Untuk standar protokol kesehatan juga telah diterapkan dengan baik.

“Untuk tingkat partisipasi masyarakat dalam pemungutan suara ini, sampai dengan kedatangan kami ke sejumlah TPS pada siang ini itu rata – rata sudah di atas 50 persen. Tentu akan semakin bertambah menjelang waktu penutupan pemungutan suara nantinya di pukul 13.00 WIB,” ujar Walikota Deri Asta, yang dalam pemantauan TPS itu juga didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto, Dr.dr. Ambun Kadri, MKM.

Walikota juga menuturkan bahwa untuk resiko keamanan dan ketertiban dalam masa pemungutan suara pada Pemilihan Gubernur di Sawahlunto terbilang sangat rendah.

“Kalau resiko keamanan itu Alhamdulillah kita memang minim. Namun untuk resiko Covid – 19, itu yang kita waspadai. Karena itulah setiap TPS, sampai nanti proses penghitungan suara dan tahapan – tahapan selanjutnya, itu sesuai ketentuan KPU maka wajib dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan,” kata Walikota Deri Asta.

Apresiasi dan terimakasih disampaikan Walikota Deri Asta kepada seluruh masyarakat pemilih yang telah berpartisipasi dalam pemungutan suara dan mematuhi protokol kesehatan.

“Tentunya ini berkat dukungan dan partisipasi penuh dari masyarakat kita. Percuma jika para petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) itu pakai protokol kesehatan tapi masyarakat tidak. Sepanjang pemantauan kami tadi, terlihat masyarakat kita telah berpartisipasi ikut menjalankan protokol kesehatan. Untuk itu sekali lagi kami sampaikan terimakasih,” tutur Walikota Deri Asta.

Sementara, masih terkait ketentuan KPU dalam pemungutan suara di masa pandemi Covid – 19. Wakil Walikota Zohirin Sayuti yang saat ini sedang menjalani isolasi mandiri menjalankan tahapan pemungutan suara di rumah dinasnya. Sejumlah petugas PPS dengan memakai pakaian dan perlengkapan Alat Pelindung Diri (APD) datang langsung ke rumah dinas Wakil Walikota tersebut untuk menjemput suara dari Zohirin Sayuti beserta sejumlah anggota keluarga di rumah tersebut.

“Kami saat ini sedang menjalankan isolasi mandiri, karena kebetulan ada anggota keluarga yang terkonfirmasi hasil SWAB test – nya positif Covid – 19. Kami tetap berpartisipasi dalam pemilihan gubernur Sumbar ini dengan melakukan pemungutan suara di rumah ini, metodenya yakni dengan didatangi langsung oleh petugas PPS yang memakai pakaian dan perlengkapan APD,” kata Wawako Zohirin Sayuti. (Beni M)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here