ARTIKEL TERBARU

Payakumbuh,- Minggu 20/9 cawagub Sumbar Milineal Audy joinaldy berkunjung ke Luak Limopuluah. Kunjungan ini dalam rangka sosialasi pilgub Sumbar 2020. Kunjungan utama menjalin komunikasi dengan pengurus cabang partai Koalisi pengusung Pasangan Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldy (PKS...
Peristiwa pembunuhan perwira tentara oleh tentara pada dini hari 1 Oktober 1965 yang populer disebut dengan G 30 PKI selalu menjadi narasi dan pembicaraan hangat di tengah masyarakat setiap bulan September, terutama sejak pasca reformasi 1998.
JAKARTA,dMagek.ID, - Perkumpulan Badan Usaha Milik Masyarakat (PERBUMMA) Adat Nusantara semakin menunjukkan existensinya dengan melaksanakan beberapa program-program konkrit untuk masyarakat, baik jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.
JAKARTA,dMagek.ID, - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terus memperbarui perkembangan prakiraan cuaca di wilayah Jabodetabek hingga Senin (21/9) pukul 19.35 WIB. Menurut hasil monitoring BMKG tersebut, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah Jabodetabek. Adapun kondisi tersebut dapat diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 22.00 WIB.
SUKABUMI,dMagek.ID, – Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB memonitor dua belas rumah hanyut saat banjir bandang terjadi di wilayah Kecamatan Cicurug hari ini, Senin (21/9/20). Perkembangan terkini pada pukul 20.30 WIB, tercatat puluhan rumah lainnya terendam air bercampur lumpur.
SUKABUMI,dMagek.ID, – Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi melaporkan satu unit rumah warga hanyut akibat banjir bandang. Banjir tersebut terjadi pada hari ini, Senin (21/9/20), sekitar pukul 17.10 WIB.
JAKARTA,dMagek.ID – Gagasan / ide terbentuknya Perkumpulan Badan Usaha Milik Masyarakat (Perbumma) Adat Nusantara, adalah buah dari hasil diskusi dengan tokoh masyarakat adat sunda di Jawa Barat sekitar lima tahun yang lalu, tetapi rencana tersebut belum dianggap menjadi suatu kebutuhan waktu itu, karena masih bergerak dan fokus sebagai KUP (Kelompok Usaha Pertanian) Sentra Usaha Tani dan Agribisnis (SUTA) Nusantara yang lebih banyak melakukan pendampingan ke petani.
Akankah Gubernur Sumbar pengganti Irwan Prayitno dari polisi lagi? Pertanyaan ini menarik saat proses tahapan Pilkada Sumbar yang cukup menghebohkan publik, karena gubernur Sumbar pertama(1958-1965) berasal dari polisi yakni Kombespol Kaharudin Datuak Rangkayo Basa dan sekarang salah seorang calon gubernur Sumbar juga dari polisi yaitu Irjenpol Fakhrizal. Mereka sama-sama memiliki banyak persamaan.
Hari Selasa pekan lalu (18/8/20), bersama sahabat Uwan Zukri Saad saya bertandang ke "Istana Rakyat Selaras Alam" di Nagari Lasi, Kec. Candung, Agam, Kami sengaja datang untuk menemui Inyiak Suardi Mahmud, Panglima Istana Rakyat yang juga perintis dan penggerak komunitas petani Kopi Lasi Selaras Alam.
Setiap kelompok masyarakat memiliki kebanggaan terhadap kebudayaan maupun terhadap keberhasilan warganya yang meraih prestasi dan akan mempertahankan serta akan memperjuangkan kebanggaan tersebut. Dalam pepatah Minang disebut, "tagak suku paga suku, tagak nagari paga nagari, tagak bangso paga bangso".